Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang

39 views

Azblo.info – Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang, Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang

Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang

Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang


Mengaji Atau Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang. Karena setiap kita membaca Al-Qur'an, hati dan fikiran kita akan semakin tenang ketika kita mampu membaca Al-Qur'an dengan khusyu' dan serius, dan juga ternyata membaca Al-Qur'an juga bisa menjadi obat galau yang paling ampuh. 

Mengaji atau membaca Al-Qur'an merupakan salah satu anjuran Nabi Muhammad S.A.W dan juga suatu perintah Allah S.W.T kepada umat islam seluruhnya. Karena didalamnya terdapat tuntutan dan pedoman hidup umat manusia. Rasanya tidaklah komplit jika kita mengaku islam, sedangkan kita tidak bisa membaca kita suci Al-Qur'an. Sekarang ini sudah banyak methode-methode atau cara-cara cara cepat belajar membaca Al-Qur'an. Pertanyaannya adalah, masih adakah umat islam yang belum bisa membaca Al-Qur'an? Jawaban yang paling tepat adalah masih banyak diantara kita yang belum bisa dan lancar membaca Al-Qur'an. Alangkah sedihnya rasanya jika kita tidak bisa membacanya. Hal ini saya kira sangat memperihatinkan, mengecewakan dan memalukan bagi kita selaku umat islam, kita sekarang ini lebih gemar membaca koran, media elektronik, tapi untuk membaca kita pedoman hidup saja tidak pernah, jika berasalan sibuk dengan pekerjaan, itu adalah hal yang mustahil dan alasan belaka saja. 


Sekarang ini media internet sudah murah, bahkan aplikasi untuk Al-Qur'an di android dan di PC pun sudah banyak di share, kita hanya tinggal menginstallnya saja, sehingga kita bisa membaca kita suci Al-Qur'an dimana saja dan kapan saja. Kenapa kita harus membaca Al-Qur'an? baca Disini. Membaca Al-Qur'an itu sendiri sangat menyenangkan, bahkan membacanya juga salah satu anjuran Nabi Muhammad S.A.W kepada seluruh umat muslim. Bahkan ini termasuk cara hidup sehat yang diajarkan beliau, karna setiap kita membaca Al-Qur'an kita sama saja berlatih pernafasan, kapan kita menarik nafas, menahan nafas dan mengeluarkan nafas. Tanpa kita sadari membaca Al-Qur'an itu sendiri membuat pernafasan kita menjadi lancar. Sama halnya kita berlatih berenang di air. Bedanya kalau kita berlatih pernafasan melalui membaca Al-Qur'an kita mendapatkan pahala dari setiap ayat yang kita baca, itulah mengapa membaca Al-Qur'an itu sangat menyenangkan dan juga menyehatkan bagi kita. Itulah sebabnya didalam membaca Al-Qur'an itu ada tajwidnya. Dan penting bagi kita untuk mempelajari cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, agar kita benar-benar bisa memahami isi yang terkandung didalamnya. Membacanya saja sudah mendapat pahala, syafa'at apalagi kita bisa mempraktikkan didalam kehidupan kita. Maka sudah pasti keselamatan dan kebahagian dunia akhirat jaminan Allah bagi kita.

Bacaan dan susunan ayatnya lebih indah daripada puisi-puisi yang ada didunia ini. Setiap ayatnya mengandung makna dan ajaran serta pedoman yang kongkrit bagi umat manusia. Setiap ayatnya mengandung obat, obat bagi jiwa, hati dan fikiran kita. Selain membaca Al-qur'an juga menyehatkan ada beberapa keistimewaan membaca Al-Qur'an yang saya rangkum untuk sahabat sekalian.


1. Dari Tidak Bisa Menjadi Bisa – Dari Tidak Lancar Menjadi Lancar

Sudah tentu, jika kita dari hari ke hari rajin membaca Al-Qur'an, semakin hari dan semakin lama kita membaca Al-Qur'an maka tentu dari tidak bisa maka kita akan meningkat menjadi bisa, dari tidak lancar menjadi sedikit lancar dan seterusnya. Dari tidak fasih menjadi lebih fasih jika kita mau terus belajar dan rajin membacanya. 

2. Mendapat Pahala 

Selain membacanya juga menyenangkan, menentramkan jiwa dan keadaan fikiran kita. Pahal juga diberikan bagi setiap pembacanya. Membaca Al-Qur'an diperlukan keseriusan dan kekhusyu'an, tidak boleh asal-asalan membaca saja, karena dengan membaca penuh kehusyu'an dan keseriusan maka hati akan semakin tenang dan damai. 

3. Menjadi Syafa'at Di Akhirat Kelak Bagi Setiap Yang Membacanya

Sabda Nabi Muhammad S.A.W : 

“Bacalah al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim) 

Dan sabda beliau Nabi Muhammad S.A.W : 

“Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim)

4. Sebagai Obat Penenang Jiwa
Ketika kita dirundung masalah, cobaan dan ujian yang bertubi-tubi, cobalah baca Al-Qur'an, rasakan dan nikmatilah setiap lantunan ayat-ayatnya. maka insya Allah, hati yang gundah dan fikiran kita akan lebih tenang dari sebelumnya. Semakin anda fasih dan rajin membaca Al-Qur'an, maka hati dan fikiran kita akan semakin tenang. Dan insya Allah masalah kita juga akan lebih mudah mendapatkan solusinya yang terbaiknya. Bagi yang sedang galau, membaca Al-Qur'an juga bisa menjadi obat galau yang paling ampuh, daripada anda harus melampiaskan perasaan galau anda dengan perbuatan dan tindakan-tindakan yang tidak bermanfa'at.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28)


5. Keutamaan Mempelajari Al-Qur'an Bagi Yang Menghafalnya dan Pandai Membacanya
Sabda Nabi Muhammad S.A.W : 

“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih)


6. Pahala Bagi Kedua Orang Tua Yang Anaknya Membaca Al-Qur'an

“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim)


7. Dapat Menyembuhkan Penyakit

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

8. Allah Akan Meberikan Cahaya Untuk Hati Yang Membaca Al-Qur'an Dan Memeliharanya Dari Kegelapan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah S.A.W bersabda : 

“Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

9. Mendapat Kedudukan Tinggi Di Syurga
Bersabda Rasulullah S.AW : 

“Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad)

10. Membaca Satu Huruf Maka Akan Mendapat Sepuluh Kebaikan
Rasulullah S.AW bersabda : 

“Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Coba kita bayangkan, kalau kita membaca 1 huruf Al-Qur'an dengan baik dan benar saja kita diberikan 10 kebaikan, kalau kita membaca lebih dari satu huruf, berapa banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan kepada kita? Kalau 1 hari kita mampu membaca 1 surat, sudah berapa banyak huruf yang kita baca? Dan berapa banyak kebaikan-kebaikan yang diberikan kepada kita? Sungguh ini merupakan ladang kebaikan-kebaikan yang diberikan secara gratis oleh Allah. Subhanallah….

Itulah mengapa didalam artikel ini dikatakan bahwa membaca Al-Qur'an itu menyenangkan, bagaimana tidak menyenangkan, kita membacanya hatipun menjadi tenang, fikiran dan keadaan menjadi lebih damai. Allah berikan pahala kepada kita, dan Allah melipatgandakannya pula pahala-pahala tersebut, menjadi syafa'at bagi kita di akhirat kelak, serta Allah berikan kebaikan-kebaikan begitu banyak kepada kita. Dengan demikian apakah kita masih mau berfikir dan menunda-nunda untuk membaca dan membiarkannya? Jangan biarkan HP Smartphone kita, komputer dan laptop kita hanya di isi dengan aplikasi yang lain, mari kita isi HP kita dengan aplikasi Al-Qur'an, sudah banyak di internet free aplikasi Al-Qur'an yang disediakan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah kebaikan, dan kesempatan itu selalu ada, jika kita mau memulainya dan berusaha.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang berguna untuk anda.

Leave a reply "Membaca Al-Qur'an Itu Menyenangkan Dan Membuat Hati Menjadi Tenang"